Jumat, 29 April 2016

Pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi

PENGARUH KEUNGGULAN LOKASI TERHADAP KEGIATAN EKONOMI







NAMA KELOMPOK :

EMILIA LAILATUL MAGHFIROH 
MARGA RETA ALIF SAFANA
PUTRI LESTARI
RANY ANDARISTA NIRMALA SARI
 

PENGARUH KEUNGGULAN LOKASI TERHADAP KEGIATAN EKONOMI

      Keunggulan lokasi Indonesia meliputi 3 hal yaitu :
·        Iklim
·        Geostrategis
·        Tanah
Keunggulan lokasi tersebut berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat.

A.  KEGIATAN EKONOMI
      Kegiatan ekonomi meliputi :
Ø Produksi
Ø Distribusi
Ø Konsumsi
     Ketiga kegiatan ekonomi tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat dan saling bergantung.
Ø Kegiatan PRODUKSI

       Kegiatan yang menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen
Faktor produksi dibeedakan menjadi 4 yaitu :
1.     Factor Produksi Alam (SDA)
Segala sesuatu yang disediakan alam. Contoh : tanah, air, tenaga alam, barang tambang, iklim.
2.    Factor Produksi Tenaga Kerja (SDM)
Kegiatan manusia yang dicurahkan dalam proses produksi untuk menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa.
3.    Factor Produksi Modal
Dalam pengertian ekonomi segala benda atau alat buataan manusia yang dapat digunakan untuk memperlancar proses produksi dalam menghasilkan barang atau jasa disebut modal.
4.   Factor Produksi Kewirausahaan atau Entrepreneurship
Kemampuan intelektual seseorang untuk mengelola atau menyatukan ke-3 faktor produksi diatas dalam suatu proses produksi.

Ø Kegiatan DISTRIBUSI
    
       Kegiatan ekonomi yang menjembatani antara kegiatan produksi dan kegiatan konsumsi. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Dari definisi tentang distribusi dapat diketahui adanya beberapa unsur penting, yaitu :


a.    Pelaku saluran distribusi
Sekelompok lembaga yang ada diantara berbagai lembaga yang mengadakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

b.   Tujuan dari saluran distribusi
Untuk mencapai pasar-pasar tertentu. Jadi, pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran distribusi.
c.   Aktivitas
Pemindahan barang dari produsen ke konsumen untuk ciptakan kegunaan bagi pasar.

Sejumlah tugas dari saluran distribusi, yaitu :
a.    Melakukan pengembangan dan penyebaran informasi
b.   Melakukan pengembangan dan penyebaran komunikasi
c.   Melakukan komunikasi
d.   Melakukkan usaha

Sistem distribusi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
a.    Distribusi langsung
Hasil produksi disalurkan langsung oleh produsen ke konsumen (tanpa perantara).
b.   Distribusi tidak langsung
Haasil produksi tidak disalurkan langsung oleh produsen kepada konsumen (melalui para penyalur)

Pelaku distribusi, yaitu :
a.    Agen
b.   Pedagang besar
c.   Pengecer
d.   Distributor ndustry, jika pasarnya ndustry


Ø Kegiatan KONSUMSI
     
      Kegiatan mengonsumsi barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Factor yang menentukan besar kecilnya pengeluaran konsumsi yang dilakukkan konsumen :

a.    Penghasilan
b.   Selera
c.   Adat  istiadat
d.   Mode
e.   Demonstration Effect
f.    Iklan
g.   Prakiraan harga



NO.
PENGARUH KEUNGGULAN LOKASI TERHADAP
KEGIATAN EKONOMI
1.
Keunggulan iklim :


a.    Adanya hujan yang cukup (curah hujan tidak terlalu besar)
b.   Kondisi suhunya normal ( tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin
c.   Adanya musim hujan dan musim kemarau menyebabkan manusia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun.
Contoh : petani dapat melakukan produksi dengan menanam padi sepanjang tahun.
2.
Keunggulan geostrategis :


a.    Berkaitan dengan letak Indonesia yang berada diantara 2 benua dan 2 samudera
b.   Posisi tersebut akan menyebabkan perdagangan bangsa – bangsa Asia dan Australia akan selalu melewati wilayah Indonesia.
Hal ini menyebabkan terjadinya kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
3.
Keunggulan tanah :


a.    Kesuburan tanah yanag dimiliki Indonesia menyebabkan seseorang juga dapat mengolah pertanian dan perkebunan dengan baik












Tidak ada komentar:

Posting Komentar